Bercerita Itu Mudah

Bangunrejo – Abukus mengajak anak-anak untuk bercerita. Melalui Pelatihan Menulis Cerpen Sehari dengan tema “Bercerita Itu Mudah”, anak-anak berlatih menulis pengalaman sehari-hari mereka dan juga mengarang sebuah kisah imajinatif, Kamis (17/05).
Dipandu oleh Kak Fithrus Saibani, peserta yang mayoritas masih duduk di sekolah dasar itu menceritakan berbagai pengalaman dalam kehidupan mereka. Ada yang menceritakan tentang pengalaman harian mulai dari bangun tidur, bersekolah sampai kembali pulang dan menjalani aktivitasnya di rumah, ada juga yang menceritakan tentang pengalaman bermain bersama, misalnya bermain layang-layang di sawah bersama saudara. Menceritakan sebuah pengalaman travelling ke suatu tempat juga menjadi salah satu pilihan mereka untuk dituangkan ke dalam sebuah cerita yang menarik.
Usai menulis pengalaman, Kak Fithrus meminta peserta untuk memejamkan mata, lantas diajak untuk mengimajinasikan sebuah cerita. Dengan cara sederhana tersebut, peserta berlatih dan mengolah imajinasinya, “Mengarang cerita imajinasi sah-sah saja, kalian bisa menceritakan seekor sapi yang mengenakan celana. Maka, lubang celana itu tidak hanya dua, namun empat, karena kaki Si Sapi ada 4,” ungkap Kak Fithrus yang langsung disambut tawa dari peserta.
Meski cerita yang ditulis masih sangat sederhana, namun peserta mulai melatih kegemarannya menulis dengan menulis yang dirasa dan mencatat yang dilihat.
Rencananya, tulisan peserta pelatihan akan dijilid dalam satu buku yang bisa menambah koleksi buku bacaan Abukus dan bisa dibaca oleh kawan-kawan yang lainnya. (Rm)

Post a Comment

0 Comments