Khotmil Qur’an Se-Jombang, Peringati 1000 Hari Wafatnya Gus Dur

Bangunrejo – Memperingati 1000 hari wafatnya Gus Dur, warga Bangunrejo akan mengadakan pembacaan Khotmil Qur’an di Musholla Baiturrahman Bangunrejo, Kamis (27/9).
Pembacaan 30 juz surat Al-quran itu akan diikuti oleh ibu-ibu Dusun Bangunrejo dan beberapa siswi Madrasah Aliyah Tanjung Anom. 
Kegiatan serupa juga dilaksanakan hampir di seluruh musholla dan masjid-masjid di Jombang. Khotmil Qur’an 1000 hari wafatnya gus dur dilaksanakan sejak pagi hingga khatam/selesai, yang dilanjutkan dengan pembacaan do’a dan tahlil untuk Gus Dur.
Sebagaimana kita tahu bersama, Gus Dur telah kembali ke rahmatullahpada tanggal 30 Desember 2009 pada usianya yang ke-69 tahun. Dan kamis (27/9) tepat 1000 hari kematiannya. 
Pada kamis malam, pembacaan tahlil dan doa untuk Gus Dur serta pengajian umum akan dilaksanakan di makam Gus Dur di komplek Ponpes Tebuireng Jombang yang dihadiri dan dipimpin oleh KH. Maimun Zubair, KH. Tholhah Hasan, KH. Mustofa Bisri (Gus Mus), dan KH Nizam As-Shofa.
Pada hari Jumat (28/9) akan diselenggarakan Diskusi Terbuka tentang Pemikiran-pemikiran Gus Dur yang akan dilaksanakan di Ponpes Tebuireng Jombang. 
Tidak hanya itu, peringatan 1000 hari wafatnya Gus Dur juga diramaikan pawai Barongsai, yang menjadi bentuk penghormatan warga Thionghoa kepada Gus Dur, Sabtu (29/9).
Gus Dur memang telah pergi meninggalkan kita semua. Namun, jasa dan pemikirannya tetap bisa kita rasakan sampai saat ini. Semoga Allah SWT memberikan tempat yang terbaik di sisiNya.  Allohummaghfirlahu, warhamhu, wa’afihi, wa’fu ‘anhu. Amin Amin Ya Robbal Alamin. (Abukus)

Post a Comment

0 Comments