Mari Bergandeng Tangan Wujudkan Masyarakat Gemar Baca



Abukus mendapat banyak buku sepanjang tahun 2012 ini. Banyak sahabat, kolega, teman dan juga komunitas peduli gerakan gemar baca yang telah berbagi buku dengan kami. Tentu saja, ini sesuatu yang berharga. Buku-buku itu memberi manfaat yang banyak bagi anak-anak bumi (sebutan untuk pembaca Abukus), terutama menambah wawasan dan juga pengetahuan. Terlebih lagi, di penghujung tahun ini, setelah melalui seminggu ujian semester, tentunya buku-buku tersebut bisa menjadi “sahabat” baru untuk mengisi liburan. 

Lebih dari itu, dengan berbagi buku pada kami, menjadi dorongan tersendiri bagi gerakan dan misi GB Abukus untuk membudayakan baca pada masyarakat. Bahwa gerakan ini bukanlah gerakan individu/kelompok, namun merupakan gerakan bersama orang-orang yang mencita-citakan sebuah masyarakat pembaca, bukan sekedar masyarakat pendengar, penikmat bahkan penonton saja.

Bagi Abukus, semangat itu akan diteruskan dan ditumbuhkan terutama pada bibit-bibit baru yang juga ingin memfasilitasi media baca untuk masyarakat. Terkait dengan hal itu, Griya Baca Abukus pada 2013 akan memprogramkan supporting buku-buku bacaan untuk komunitas baca yang akan didirikan di Desa Watugaluh Kec. Diwek Kab. Jombang dan komunitas baca di dusun Bangunrejo Santren yang sempat “mati suri” dan akan dihidupkan kembali. Dengan cara berbagi buku pada mereka, juga turut memperkuat jaringan dengan komunitas-komunitas buku lainnya baik di Jombang maupun di luar Jombang.

Karena itu, semangat “bergandeng tangan” dengan cara saling berbagi buku dan juga saling sharing ide dan spirit harus terus dilakukan antar relawan, komunitas, dan masyarakat peduli gerakan budaya baca. 

Kami ucapkan beribu terima kasih pada mereka yang telah berbagi buku pada Abukus sepanjang 2012 ini. Mereka adalah: Bapak Muchlas Ubaidillah dan Ibu Umi Mahmudah, Ibu Umi Mahmudah Tambak Beras, Ibu Heti, Nizar Muhtashomi dan mahasiswa STKIP Jombang, Komunitas Gerakan Satujuta Buku untuk Anak Indonesia, a/n Komunitas Insan Baca dan Yayasan Insan Baca, Rumah Riang, Komunitas 1001 Buku, dan mereka yang tidak tersebut satu persatu. 

Terima kasih banyak. Terima Kasih karena telah bergandeng tangan bersama kami. Abukus

Post a Comment

0 Comments